Monday, June 3, 2013

Antivirus oleh 302 Anan Setia Aji N.





UJI ANTIVIRUS
Antivirus adalah software/ perangkat lunak yang berfungsi mendeteksi, membersihkan dan diharapkan mampu mengatasi penyebaran virus. Virus yang selalu saja membuat jengkel para user karena tingkahnya ada yang menghapus, menyembunyikan file, memformat harddisk, merusak system da nada juga yang sifatnya hanya ingin terkenal dengan membuat pesan dikomputer korban, ini adalah beberapa sifat virus buatan local yang dibuat hanya sekedar untuk membuat si viviaker (pembuat virus) terkenal dan dikenal keahliannya dalam membuat virus. Oleh karena itu software Antivirus diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan virus tersebut tapi perkembangan virus selalu lebih cepat, karena adanya Antivirus juga disebabkan adanya virus, jika tak ada virus tak ada pula Antivirus. Logikanya, virus selalu lebih dulu dari Antivirus, dan virus akan menyebar dan terus menyebar sebelum penangkalnya dibuat.

1.       HASIL SCAN
  1. PCMAV
PC Media Antivirus salah satu antivirus buatan Indonesia yang cukup populer dan terbukti ampuh dalam membasmi berbagai macam jenis virus / worm dan variannya, baik virus luar maupun virus lokal. Saat ini tercatat lebih dari 6.883 jenis virus yang dapat dideteksi dan di pulih oleh PCMAV. Selain itu, database dan fiturnya cukup sering diupdate sehingga menjadi PCMAV sebagai software antivirus yang wajib terinstall di komputer Anda. PCMAV sendiri di kembangkan oleh tim PC Media, sebuah majalah yang membahas mengenai permasalah komputer dan IT. Dengan PCMAV, Anda akan mendapatkan antivirus yang bukan hanya sekadar mendeteksi namun daya basminya yang tangguh mampu memburu 99.9% virus yang dikenal sampai ke "akar-akarnya", tanpa menimbulkan kerusakan pada file maupun sistem yang  terinfeksi.

  1. SMADAV
SMADAV adalah antivirus local buatan anak negeri yang cukup ampuh untuk mendeteksi virus lokal. Namun, tidak cukup ampuh untuk mendeteksi virus luar bahkan tak terdeteksi. SMADAV sendiri punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain proteksi paling ringan di dunia, teknologi SmaRTP ; SmaRT-Protection, scanner yang pintar dengan algoritma yang baik, cleaner, pembersihan dan perbaikan registry dan adanya pemberitahuan jika antivirus sudah ada yang update. Sedangkan kekurangannya, telah disampaikan di awal yaitu, tidak dapat mendeteksi virus luar. Scanner antivirus yang dilakukan SMADAV pun cukup cepat. Sekitar 40-60 detik.

C. AVG
AVG antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia, sehingga sudah terbukti keampuhannya melindungi computer kita dari serangan virus. Namun setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan AVG diantaranya, memiliki maintability yang cukup tinggi, update otomatis, waktu scanning yang terbilang cepat, pada scanning tidak memperlambat pc/laptop. Namun, setiap antivirus memiliki kekurangan. Kekurangan antivirus AVG antara lain bergantung pada system operasi pc/ laptop, biasa membaca file.exe sebagai virus, akan menghapus virus bersamaan dengan file kita, kurang bersih dalam scanning virus.

D. AVIRA
AVIRA antivirus merupakan antivirus yang handal, solusi yang cepat dan terus memindai computer anda untuk program jahat seperti virus, Trojans, backdoor program, hoax, worm, dialer dan lain-lain. Monitors setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna atau system operasi dan segera bereaksi ketika sebuah program berbahaya terdeteksi. Antivirus Avira berguna untuk membasmi atau menghapus virus – virus nakal yag ada di laptop/pc. Kelebihan yang dimiliki Avira antivirus ini antara lain dapat mendeteksi virus- virus yang tidak dapat dideteksi oleh antivirus yang lain, terintegrasi dengan pendeteksi Rookit, kemudahan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan antivirus, waktu scannning yang relative cepat. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya antara lain kadang salah mendeteksi file/aplikasi sebagai virus, custumisasi scan yang hanya untuk drive tidak bisa untuk folder, ukuran update manual yang harus di download cukup besar, membuka file karantina dalam waktu yang cukup lama.
E. Kaspersky
Karspersky antivirus merupakan salah satu produk karya karspersky lab, dimana Karspersky lab ini telah menjadi vendor software pengaman informasi bertaraf international yang berkantor pusat di Moscow, Rusia, dan memiliki kantor regional di Inggris Perancis, Jerman, Belanda, Polandia, China, Korea, Rumania, dan Amerika sejak 1997. Kelebihan yang dimiliki oleh antivirus yang selalu up to date, tampilan grafisnya yang bagus, komponen proactive defense yang menjadi kelebihan dalam antivirus ini, memproteksi serangan dari network, dapat membedakan malware dengan virus, kecepatan scanning yang bisa di atur. Sedangakan untuk kelemahanya antara lain proses awal start program yang agak lama karena harus loading database terlebih dahulu, proses scanning virus yang agak lama, update “daily.zip” seringkali broken sehingga membuatpc/ laptop menjadi hang. 

2.       PERBANDINGAN
NO
Antivirus
File Scanned
Duration
Detected
Other Detected
Speed
1
Avira
1775
36 menit 54 detik
72
-
Low
2
Smadav
861
53 detik
69
4
High
3
PCMAV
861
1 menit 25 detik
110
-
High
4
AVG
3675
32 menit
120
-
Low
5
Kaspersky
1638
34 menit
89
-
Low






3.       KESIMPULAN
Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa antivirus yang paling banyak dalam mendeteksi virus adalah AVG, meskipun waktu yang dibutuhkan lumayan lama. Begitu juga Kaspersky yang mendeteksi virus dengan selisih 31 virus dari AVG dengan waktu yang hanya terpaut 2 menit.
Selanjutnya disusul PCMAV dengan hanya 1 menit 25 detik saja, antivirus ini mampu mendeteksi 110 virus. Lalu SMADAV, antivirus buatan anak bangsa ini mempunyai kecepatan scanning yang tinggi yaitu hanya 53 detik dengan hasil yang lumayan yaitu 69 virus dan 4 file hidden.
Selanjutnya yang terakhir adalah avira, walaupun waktu yang dibutuhkan dalam scanning lama, hasil yang terpampang cukup mengecewakan, karena tak sebanding dengan waktu yang dibutuhkan.
Jadi antivirus yang paling teliti adalah AVG dengan keberhasilan menyecan 3675 file dan menemukan 120 virus dalam waktu 32 menit. Lalu di posisi antivirus terefektif adalah PCMAV dengan kecepatan dan hasil yang lumayan memuaskan.



No comments:

Post a Comment