Friday, May 31, 2013

laporan antivirus (315 ENNO KRISNA D)


LAPORAN
 
        I.            TUJUAN
1.      Mampu menginstall anti virus
2.      Mengetahui fungsi anti virus
3.      Mengetahui jenis – jenis anti virus
4.      Mengetahui jenis – jenis virus
5.      Mampu membersihkan virus dengan anti virus yang tepat

      II.            ALAT DAN BAHAN
1.      PC/Laptop
2.      VIRUS (Real virus yang memang bisa merusak)
3.       ANTI VIRUS (Dalam praktik kali ini menggunakan Antivirus Lokal dan Luar Negari)
      5 antivirus yang kami uji coba :
1)       PCMAV (Lokal buatan team Tabloid PCMedia)
2)       SMADAV (Lokal buatan Programmer asli Indonesia)
3)       AVG (Luar Negeri)
4)       Kaspersky (Luar Negeri)
5)       Panda (Luar Negeri)

   III.            TEORI SINGKAT
            Antivirus adalah software/ perangkat lunak yang berfungsi mendeteksi, membersihkan dan diharapkan mampu mengatasi penyebaran virus. Virus yang selalu saja membuat jengkel para user karena tingkahnya ada yang menghapus, menyembunyikan file, memformat harddisk, merusak system da nada juga yang sifatnya hanya ingin terkenal dengan membuat pesan dikomputer korban, ini adalah beberapa sifat virus buatan local yang dibuat hanya sekedar untuk sekedar membuat si viviaker (pembuat virus) terkenal dan dikenal keahliannya dalam membuat virus. Lain dengan virus buatan Manca yang sifatnya lebih kasar. Saya kira, karena tanpa basa-basi tanpa kita ketahui sudah menjangkit computer kita, sebut saja Confickerdan Sality Virus Fenomenal buatan orang luar negeri yang sempat membuat pusing Microsoft karena setiap minggunya dapat menjangkit ratusan bahkan ribuan computer ber-OS Microsoft terutawa WinXp. Oleh karena itu software Antivirus diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan virus tersebut tapi perkembangan virus selalu lebih cepat, karena adanya Antivirus juga disebabkan adanya virus, jika tak ada virus tak ada pula Antivirus. Logikanya, virus selalu lebih dulu dari Antivirus, dan virus akan menyebar dan terus menyebar sebelum penangkalnya dibuat.

IV.    LANGKAH KERJA
1.   Install Antivirus satu persatu jangan menginstall Antivirus bersamaan atau dua Antivirus terinstall dalam satu sistem, dapat menyebabkan konflik kecuali dalam petunjuk antivirus tersebut menyarankan untuk digabung dengan antivirus yang lain
2.   Lakukan scan terhadap virus (gunakan virus yang sama)
3.   Catat semua hasil scan
4.   Bandingkan hasil tadi untuk mengetahui antivirus mana yang paling tangguh untuk mendeteksi saja atau tangguh untuk membersihkan saja ataupun malah keduanya

V.     HASIL SCAN
1.      PCMAV
              Screen shoot hasil scan PCMAV :

       













PC Media Antivirus salah satu antivirus buatan Indonesia yang cukup populer dan terbukti ampuh dalam membasmi berbagai macam jenis virus / worm dan variannya, baik virus luar maupun virus lokal. Saat ini tercatat lebih dari 6.883 jenis virus yang dapat dideteksi dan di pulih oleh PCMAV. Selain itu, database dan fiturnya cukup sering diupdate sehingga menjadi PCMAV sebagai software antivirus yang wajib terinstall di komputer Anda. PCMAV sendiri di kembangkan oleh tim PC Media, sebuah majalah yang membahas mengenai permasalah komputer dan IT. Dengan PCMAV, Anda akan mendapatkan antivirus yang bukan hanya sekadar mendeteksi namun daya basminya yang tangguh mampu memburu 99.9% virus yang dikenal sampai ke "akar-akarnya", tanpa menimbulkan kerusakan pada file maupun sistem yang terinfeksi. Perpaduan keunikan fitur serta keakuratan dan kepedulian terhadap keselamatan sistem, file dan dokumen Anda, memberi kesempurnaan sebuah antivirus pada PCMAV. PCMAV, dalam mendeteksi virus, selain menggunakan engine-nya sendiri, juga dapat dipadukan dengan ClamAV. Kombinasi yang dihasilkan dari keduanya sungguh dahsyat untuk mendeteksi virus komputer. ADDED! Removal engine khusus untuk membersihkan secara tuntas berbagai varian virus Mow yang menyebar luas di Indonesia. UPDATED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 19 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 6883 virus beserta variannya.FIXED! Perbaikan false alarm dalam pendeteksian ketika melakukan scan menggunakan lebih dari satu thread.FIXED! Perbaikan pendeteksian untuk malware berjenis gambar.IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap menjadi antivirus kebanggaan Indonesia
2.      SMADAV

Screen shoot hasil scan SMADAV












            SMADAV adalah antivirus local buatan anak negeri yang cukup ampuh untuk mendeteksi virus lokal. Namun, tidak cukup ampuh untuk mendeteksi virus luar bahkan tak terdeteksi. SMADAV sendiri punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain proteksi paling ringan di dunia, teknologi SmaRTP ; SmaRT-Protection, scanner yang pintar dengan algoritma yang baik, cleaner, pembersihan dan perbaikan registry dan adanya pemberitahuan jika antivirus sudah ada yang update. Sedangkan kekurangannya, telah disampaikan di awal yaitu, tidak dapat mendeteksi virus luar. Scanner antivirus yang dilakukan SMADAV pun cukup cepat. Sekitar 40-60 detik.
3.      AVG
Screen shoot hasil scan AVG :











AVG antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia, sehingga sudah terbukti keampuhannya melindungi computer kita dari serangan virus. Namun setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan AVG diantaranya, memiliki maintability yang cukup tinggi, update otomatis, waktu scanning yang terbilang cepat, pada scanning tidak memperlambat pc/laptop. Namun, setiap antivirus memiliki kekurangan. Kekurangan antivirus AVG antara lain bergantung pada system operasi pc/ laptop, biasa membaca file.exe sebagai virus, akan menghapus virus bersamaan dengan file kita, kurang bersih dalam scanning virus.

4.      AVIRA
Screen shoot hasil scan AVIRA :
















AVIRA antivirus merupakan antivirus yang handal, solusi yang cepat dan terus memindai computer anda untuk program jahat seperti virus, Trojans, backdoor program, hoax, worm, dialer dan lain-lain. Monitors setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna atau system operasi dan segera bereaksi ketika sebuah program berbahaya terdeteksi. Antivirus Avira berguna untuk membasmi atau menghapus virus – virus nakal yag ada di laptop/pc. Kelebihan yang dimiliki Avira antivirus ini antara lain dapat mendeteksi virus- virus yang tidak dapat dideteksi oleh antivirus yang lain, terintegrasi dengan pendeteksi Rookit, kemudahan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan antivirus, waktu scannning yang relative cepat. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya antara lain kadang salah mendeteksi file/aplikasi sebagai virus, custumisasi scan yang hanya untuk drive tidak bisa untuk folder, ukuran update manual yang harus di download cukup besar, membuka file karantina dalam waktu yang cukup lama.

5.      KARSPERSKY

Screen shoot hasil scan KARSPERSKY :








Karspersky antivirus merupakan salah satu produk karya karspersky lab, didi mana karspersky lab inni telah menjadi vendor software pengaman informasi bertaraf international yang berkantor pusat di Moscow, Rusia, dan memiliki kantor regional di Inggris Perancis, Jerman, Belanda, Polandia, China, Korea, Rumania, dan Amerika sejak 1997. Kelebihan yang dimiliki oleh antivirus yang selalu up to date, tampilan grafisnya yang bagus, komponen proactive defense yang menjadi kelebihan dalam antivirus ini, memproteksi serangan dari network, dapat membedakan malware dengan virus, kecepatan scanning yang bisa di atur. Sedangakan untuk kelemahanya antara lain proses awal start program yang agak lama karena harus loading database terlebih dahulu, proses scanning virus yang agak lama, update “daily.zip” seringkali broken sehingga membuatpc/ laptop menjadi hang.

No comments:

Post a Comment